Keris Jawa

Kamis, 14 Oktober 2010

Keris Jawa

Keris Jawa adalah suatu benda pusaka yang harus dijaga dan dirawat, supaya budaya tanah jawa ini tidak punah dan luntur. Berikut ini adalah contoh keris peninggalan jawa :
Keris tersebut adalah jenis keris jalak sabuk inten yang konon pada masa kerajaan keris tersebut digunakan para Raja untuk pergi berperang menghadapi lawanya. Mayoritas keris tersebut berpamor "Udan Mas", bisa diartikan juga sebagi rezeki yang terus-terusan tumpah seperti hujan.

Keris yang paling terkenal di tanah Jawa adalah keris Sidayu, jawa timur karena keris Sidayu tersebut sangatlah langkah dan pamor pada keris tersebut jarang dijumpai di Indonesia banyak para kolektor merebutkan keris tersebut, saya sendiri hampir 100 benda pusaka yang saya koleksi tak satupun menemukan keris Sidayu. meskipun keris sidayu itu berumur lebih dari 300 tahun, keris tersebut tidak akan habis dimakan oleh zaman. Meskipun dicuci dan direndam trus-menerus. karena dari bahanya saja keris tersebut memiliki batu meteorit yang sangat banyak beda dengan keris-keris pada umumnya. perkiraan saya hampir 60% terbuat dari batu meteor.

Keris adalah suatu benda yang sangat bersejarah di Indonesia ini, bukan untuk ditakuti dan di puja sebagaimana mestinya, meskipun benda ini terbilang mempunyai "Yoni" yang sangat kuat dan hal Mistik tapi alangkah baiknya kita melestarikan, bukan untuk ditakuti dan dipuja.

Demikian yang saya ketahui, harap maklum !!

Saya menunggu masukan dari anda !

1 komentar:

  1. Memang benar Mz...keris Sidayu memang ampuh...Saya sendiri adalah salah satu keluarga yg mewarisi dan menyaksikan sendiri keampuhan keris Sedayu...untuk sekedar sarandan pesan buat semua keluarga dijawa.."Ojo ditinggal adat jowone"...Islam asale soko Arab.. Dudu soko jowo...tp nek islam khususe wong jowo kudu ngerti sareat kan wiradate wong jowo...

    #sekedar masukan
    Selebihnya pribadi msh"

    BalasHapus